STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT
SD, MI, DAN SDLB
Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
Latar
Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan
emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari
semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik
mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran
bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan,
berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan
kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi
adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan
mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi
dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami
dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat
keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.
Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan
wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa
Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar
lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat
literasi tertentu.
Tingkat literasi mencakup performative, functional, informational, dan epistemic. Pada
tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan
berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional,
orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari
seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat inform`tional,
orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada
tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa
sasaran (Wells,1987).
Sehubungan dengan hal tersebut, perlu ditetapkan standar kompetensi bahasa
Inggris bagi SD/MI yang menyelenggarakan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai
muatan lokal. Kompetensi lulusan SD/MI tersebut selayaknya merupakan kemampuan
yang bermanfaat dalam rangka menyiapkan lulusan untuk belajar bahasa Inggris di
tingkat SMP/MTs. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berinteraksi dalam
bahasa Inggris untuk menunjang kegiatan kelas dan sekolah.
Pendidikan bahasa Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan
kemampuan berbahasa yang digunakan untuk menyertai tindakan atau language
accompanying action. Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat
“here and now”. Topik pembicaraannya berkisar pada hal-hal yang ada
dalam konteks situ`si. Untuk mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu
dipajankan dan dibiasakan dengan berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency
pairs) yang merupakan dasar menuju kemampuan berinteraksi yang lebih
kompleks.
B. Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI bertujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Mengembangkan
kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language
accompanying action) dalam konteks sekolah
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan
pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat
global
C. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi
lisan secara terbatas dalam konteks sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai
berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4.
Menulis.
ketrampilan menulis dan membaca
diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi
lisan.
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas IV, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
|
1.1
Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks
kelas
1.2
Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
|
2.1
Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan
diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba
2.2
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: mdminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse
me
|
Membaca
3
Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
dalam konteks kelas
|
3.1
Membaca
nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata,
frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2
Memahami
kalimat dan pesan
tertulis sangat sederhana
|
Menulis
4
Mengeja
dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
|
4.1
Mengeja
ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
4.2
Menyalin
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Kelas IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
5.1
Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam
konteks kelas dan dalam berbagai permainan
5.2
Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal
|
Berbicara
|
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat
sederhana secara berterima
6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang
6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal,
dan meminta kejelasan
6.5 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank
you, sorry, please, dan excuse me
|
Membaca
|
7.1
Membaca
nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa,
dan kalimat sangat sederhana
7.2
Memahami
kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
|
Menulis
|
8.1
Mengeja
ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan
tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat
sederhana
8.2
Menyalin
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat
dan pesan tertulis
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
|
1.1
Merespon
instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks
kelas dan sekolah
1.2
Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
2.1
Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi
contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui,
tidak menyetujui, dan melarang
2.4
Mengungkapkan
kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind … dan
Shall we …
|
Membaca
3.
Memahami tulisan bahasa
Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
3.1
Membaca
nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang
melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2
Memahami
kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara
tepat dan berterima
|
Menulis
4.
Mengeja
dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
4.1
Mengeja
kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
4.2
Menyalin
dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan
selamat, ucapan terima kasih, dan undangan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
|
5.1
Merespon
instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks
sekolah
5.2
Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
6.1
Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi
aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
6.3
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: memberi informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan
6.4
Mengungkapkan
kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: do you mind ... dan
Shall we ...
|
Membaca
7.
Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
7.1
Membaca
nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, kalimat
sangat sederhana, dan teks sangat sederhana
7.2
Memahami
kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara
tepat dan berterima
|
Menulis
8.
Mengeja
dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
8.1
Mengeja
kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
8.2
Menyalin
dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda
baca yang tepat seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan ucapan
simpati
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami
instruksi dan informasi sangat
sederhana baik secara tindakan maupun
bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
|
1.1
Merespon
instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di
dalam dan luar kelas
1.2
Merespon
instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai
permainan
1.3
Memahami
cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
2.1
Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi
contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengingatkan, menyatakan
suka / tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar,
memberi pendapat, dan mengusulkan
2.4
Mengungkapkan
kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan:Would you plese ... dan
May I ...
|
Membaca
3.
Memahami
teks fungsional pendek dan deskriptif
bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
3.1
Membaca
nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi
yang tepat dan berterima
3.2
Memahami
teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta
didik
|
Menulis
4.
Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana
dalam konteks sekitar peserta didik
|
4.1
Menulis
teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima
4.2
Menulis
kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami
instruksi dan informasi sangat
sederhana baik dengan tindakan maupun
bahasa dalam konteks sekhtar
peserta didik
|
5.1 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan
tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas
5.2 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan
tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai permainan
5.3
Memahami
cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
6.1
Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutu: memberi
contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutu: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
6.3
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan,
dan meminta kejelasan
6.4
Mengungkapkan
kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapa: Would you please ... dan
May I ...
|
Membaca
7.
Memahami
teks fungsional pendek dan deskriptif
bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
7.1
Membaca
nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi
yang tepat dan berterima
7.2
Memahami
teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta
didik
7.3
Memahami
teks naratif bergambar sangat sederhana
|
Menulis
8.
Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana
dalam konteks sekitar peserta didik
|
8.1
Menulis
teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks
sekitar peserta didik
8.2
Menulis
kartu-kartu ucapan sederhana secara berterima
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
E. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar