Senin, 04 Juni 2012


PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Kelas I (1) Semester 1

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...


Sekolah                         : SD _______________________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran              : BAHASA INGGRIS
Semester                       : 1 (Satu)
     
Standar
Kompetensi
Kompetensi 
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu
Mendengarkan
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas


1.1 Merespon dengan   mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang



§    Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§    Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar



1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima


§    Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar


JUMLAH








Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………, ……………20…..
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................
















PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...


Sekolah                         : SD _______________________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran              : BAHASA INGGRIS
Semester                       : 1 (Satu)

Standar Kompetensi
Kompetensi  Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§    Menanyakan suatu benda
§    Menanyakan seseorang



2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§    Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
§    Menyebutkan ukuran sebuah benda

JUMLAH







Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………, ……………20…..
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Sekolah                         : SD _______________________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran              : BAHASA INGGRIS
Semester                       : 1 (Satu)

Standar Kompetensi
Kompetensi  Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

3.1  Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana




§    Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
§    Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
§    Membaca nyaring dengan baik dan benar



3.2  Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima


§    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar

JUMLAH





Mengetahui,
Kepala SD ……………………


(_________________________)
NIP : .........................................

………, ……………20…..
Guru Mapel Bahasa Inggris


(_________________________)
NIP : .........................................



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Sekolah                         : SD _______________________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran              : BAHASA INGGRIS
Semester                       : 1 (Satu)

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

4.1.Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar


§    Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar



4.2.Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima





§    Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
§    Menulis nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat

JUMLAH





 

Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………, ……………20…..
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................

 

 

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Sekolah                         : SD _______________________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran              : BAHASA INGGRIS
Semester                       : 2 (Dua)

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

5.1 Merespon dengan mengulang kosakata baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang




§    Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau di dengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§    Merespon dengan meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau didengar dari kaset/CD dengan peng-ucapan baha-sa Inggris yang benar



5.2  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima


§    Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

JUMLAH




 


Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………, ……………20…..
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

 


Sekolah                         : SD _______________________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran              : BAHASA INGGRIS
Semester                       : 2 (Dua)

Standar Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
Berbicara
6. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima



§    Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat


6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§    Menyebutkan kepemilikan
§    Menanyakan di mana suatu benda berada
§    Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang


JUMLAH







Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………, ……………20…..
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

 


Sekolah                         : SD _______________________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran              : BAHASA INGGRIS
Semester                       : 2 (Dua)

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks kelas

7.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana



§    Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar
§    Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
§    Membaca nyaring dengan baik dan benar



7.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima

§    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar

JUMLAH





Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………, ……………20…..
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

 


Sekolah                         : SD _______________________
Kelas                             : I (Satu)
Mata Pelajaran              : BAHASA INGGRIS
Semester                       : 2 (Dua)

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

8.1  Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar



Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar